Kamis, 15 Maret 2012

Saluran Penyebaran Islam



1. Saluran Perdagangan
Proses penyebaran agama islam yang dilakukan oleh para pedagang muslim. Para pedagang muslim banyak bertempat dikota-kota ataupun kampong, sehingga terbentuk perkampunagan muslim seperti Pekojan. Pedagang Islam yang pertama kali menyebarkan dan membawa aaran islam ke Indonesia adalah peagang dari Negara arab, Persia, dan Gujarat.
2. Saluran Perkawinan
Proses ini dilakukan dengan cara seorang yang telah menganut agama islam menikah dengan seorang yang masih menganut agama atau kepercayaan sehingga orang tersebut juga ikit menganut kepercayaan atau agama islam. Hal ini seperti yang dilakukan oleh :
1. Maulana ishak meikah dengan putrid prabu blambangan yang melahirkan anak Sunan giri
2. Syarif abdulah yang menikah dengan putri prabu silihwangi melahirkan Sunan gunung jati.
3. Saluran Dakwah.
Saluran dakwah ini di lakukan dengan cara memberi penerangan tentang agama islam, lewat pengajian dilingkuangan sekitar dan seperti apa yang dilakukan oleh para walisongo dan ulamanya.
4. Saluran Pendidikan.
Hal ini dilakukan dengan nendirikan pesantren guna memperdalam ajaran agama islam dan selanjutnya akan disebarkan kembali. Misalnya :
1. Pesantren Glagah Wangi Demak yang didirikan Raden patah
2. Pesantren Ampel Denta Surabaya yang dibangun oleh Sunan Ampel
5. Saluran Seni Budaya
Penyebaran ini dilakukan dengan perantara kesenian seperti Seni Wayang, Musik, Gamelan, Seni Bangunan, Ukir, dan Sastra lainya
6. Saluran Tasawuf
Penyebaran dilakukan dengan menyesuaikan pola piker masyarakat yang masi berorientasi pada agama Hindu-Budha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar